Minggu, 10 Juni 2012

TIPS ALAMI MENANGANI PENYAKIT FLU, NGOROK DAN GEJALA KELUMPUHAN PADA AYAM PELUNG


Penggemar ayam pelung yang budiman, kendala peternak unggas yang paling menakutkan dimana mana ada adalah wabah penyakit, sekali datang semua koleksi unggas yang susah payah di kumpulkan dalam beberapa hari bisa habis tak tersisa kalau penangananya kurang tepat, saya sendiri pernah mengalami itu ketika baru memulai menyalurkan hobi dengan mengkoleksi beberapa ayam pelung yang saya beli dengan harga yang cukup mahal, beberapa resep obat yang tertera dalam buku telah kucoba, namun hasilnya mengecewakan dan ketika koleksiku tinggal satu ekor jago secara tidak sengaja saya bertemu dengan warga kampung yang sudah bertahun tahun menangani dengan cara alami ternak dia yang terserang wabah, terutama flu pada unggas, oleh sebab itu saya ingin berbagi dengan para pembaca sekalian, moga moga bermanfaat bagi pembaca.
1.flu burung: menurut para dokter hewan penyebab utama penyakit ini adalah virus dan yang paling efektif penangananya adalah pencegahan dengan melakukan vaksinasi sebelum hewan ter jangkit penyakit, namun jika ayam sudah terinfeksi maka cara penangananya adalah dengan mengurung sendiri ayam yang sakit ditempat yang bersih dan terpisah dari ayam yang lain, kemudian ambil sehelai daun pepaya yang masih segar, tambahkan juga batang sereh kemudian haluskan keduanya tampa dengan menambahkan air, setelah keduanya halus suapkan pada ayam yang sedang sakit, setah itu jangan dikasih makan atau minum, ulangi beberapi kali hingga ayam menjadi sembuh.
2.ngorok : sering kita menemukan pada ayam kita, terutama ayam pelung suara ngorok, padahal ayam kelihatan sehat dan ini menjadi masalah besar, karena bisa merusak suara indahnya, kejadian ini pernah menimpa ayam saya, ketika saya praktekkan teori pertama ternyata tidak ada reaksi positif, saya ulang beberapa kali hasilnya tetap sama, hingga suatu ketika ada salah seorang teman memberi saran untuk mencampurkan obat penyakit panas dalam, seperti adem sari atau larutan penyegar, karena kata dia ayam sedang mengalami panas dalam, saya coba saran tersebut alhamdulillah ayam saya sembuh, dan ini saya buktikan beberapa kali.
3.gejala kelumpuhan: suatu hari ketika saya memberi sarapan pagi bagi ayam piaraan, saya menemukan salah satu ayam jago yang biasanya lincah tidak bisa berdiri padahal kondisinya sehat, makanya tetap lahap, saya sempat bingung bagai mana cara menanganinya, akhirnya saya punya inisiatif memberinya makanan yang mengandung lebih banyak zat besi, karena biasanya kalau manusia tterkena penyakit tulan disebabkan karena kekurangan zat besi, akhirnya saya coba memberi makanan ayam petelur, karena saya pernah baca dalam sebuah buku, untuk menguatkan cangkang telur maka ayam petelur diberi ransum khusus yang kandungan mineralnya cukup tinggi, kucoba memberinya makan beberapa kali, alhamdulillah keesokan harinya ayam jago saya mulai berdiri, akhirnya saya terus mengkasih makanan tersebut dalam waktu kurang lebih 3-4 hari ayam saya bisa berlari kembali. Selamat mencoba semoga berhasiat bagi ayam kesangan kita. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

nama :
komentar :